HANTU PENASARAN

Nyontek vs Belajar

Gw kalo ujian lebih suka nyontek. Karena menurut gw nyontek itu lebih seru dan penuh tantangan daripada belajar dan pas ujian lancar-lancar aja! Uhhhh males banget ga’ ada deg-degannya. Nyontek tuh seru banget! Apa aja serunya ….
Seru bisa ngadalin dosen.
1. Kita bisa belajar bahasa tubuh orang, soalnya ngawasin gerak-gerik dosen terus. Loh…. Jadi kebalik bukannya dosen yg ngawasin mahasiswanya.
3. Mengasah kecepatan tangan, ketajaman mata dan pendengaran, mengasah otak untuk berpikir licik, mencari-cari kesempatan kalo dosennya lengah.
4. Seru kalo dapet pengawas yang killer. Gelisah dan cemas lembar jawaban masih kosong dan waktu bentar lagi abis.
5. Puas kalo berhasil nyontek dan ga’ ketahuan. Juga ada sedikit rasa bangga karena menang dari dosen. Hehehe…
6. Belajar banyak trik-trik yang lucu-lucu.. Kalau diseriusin bisa jadi pesulap…

Tapi itu dulu….. dulu loh!!! Waktu gw masih males kuliah, sering bolos dan punya kegiatan yang lebih seru daripada kuliah. Sekarang dah engga’. Sekarang gw dah berubah. Gw dah tinggalin kegiatan yang mengganggu kuliah dan fokus sepenuhnya ke kuliah gw. Sebenernya karena dah semester 7 juga sih… masa main terus…ga’ berubah-berubah…

Ternyata niat mo berubah aja ga’ cukup. Gw mo belajar yang bener aja! susah banget!!! Otak gw dah beku kelamaan ga di pake! Jadi ga’ semangat belajar. Gw bingung gimana caranya bisa ngerubah gaya ujian gw dulu dan nimbulin semangat buat belajar.

Setelah bertapa dan merenung di puncak Gunung Salak! Akhirnya gw tau cara ngerubah kebiasaan jelek gw!!!

Yes!! close book. No! open book.
Kalo ujian open book bikin gw males belajar soalnya dalam pikiran gw buka catetan ini… pasti bisa ujiannya! Dan juga memberikan rasa aman yang lebih, kalo close book kan jadi ada rasa takut, takut kalo ga bisa jawab, takut kalo dapat pengawas yang ga’ asik (baca: melaksanakan tugasnya sebagai pengawas), takut ga’ dapat contekan, takut ketauan nyontek, takut ini.. takut itu… banyak deh. Karena takut jadi timbul semangat untuk belajar. Selain itu juga open book memberikan peluang menyontek lebih banyak.

Buat suasana yang kondusif buat belajar.
Biar konsentrasi belajar wajib tenang. Ga’ boleh ada suara-suara bising. Ga’ sambil dengerin musik karena kalo dengerin musik gw malah ikutan nyanyi, belajarnya jadi lupa dan ujung-ujungnya jadi males soalnya ga’ nempel-nempel juga di otak. TV juga ga’ boleh nyala, banyak godaannya. Pokoknya hal-hal yang ganggu konsentrasi buang jauh-jauh. Untuk dapet suasana yang kondusif buat belajar, gw milih belajar jam 3 pagi sampai subuh. Bener deh.. tenang banget.. paling-paling nih kalo ada suara hanya suara dengkuran orang yang lagi tidur…

Ujian ga’ nyontek juga seru!!
Apaan serunya? Yang bikin seru seperti…
usaha kita lagi mengingat-ingat jawaban, kadang banyak hal-hal aneh yang ga’ sengaja kita buat. Seperti merem-merem sambil ngerutin dahi, ngacak-ngacak rambut, ngomong sendiri… pokoknya lucu-lucu deh.
Rasa penarasan kalau ga’ bisa jawab atau ada yang kurang yakin dengan jawaban selesai ujian langsung buka-buka buku cari-cari jawaban. Dan ekspresi kalau kalo jawaban yang ragu-ragu ternyata benar pasti bikin kita girang banget… loncat-loncat atau apalah dan yakin pasti senyum trusss ga pernah hilang. Kalau jawaban salah ya.. ga’ pa pa, tandanya usaha lo wajib di tingkatin lagi. Belajar sportif aja!

Sekarang gw lebih suka belajar daripada nyontek, karena menurut gw belajar lebih seru dan penuh tantangan. Dan juga lebih puas! Kalo dulu puas karena bisa ngadalin dosen atau pengawas sekarang lebih puas karena bisa ngelawan rasa malas --musuh berat manusia-diri sendiri. Terus juga sayang dikasih otak tapi ga’ di pake!!!